contoh surat kepada dekan universitas

Yogyakarta, 21 Agustus 2008

Yang terhormat Dekan Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta,

Mengingat perkembangan global yang semakin dinamis dan menuntut adanya perbaikan dari segala bidang termasuk pendidikan. Salah satunya adalah perbaikan dalam metode belajar mengajar di Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Sehingga saya kirimkan surat ini sebagai salah satu perantara penyampaian ide perbaikan saya mengenai pengembangan metode belajar mengajar.

Saya sebagai anggota baru civitas akademika Fakultas MIPA Univeritas Negeri Yogyakarta memiliki beberapa pandangan mengenai pengembangan metode belajar mengajar di fakultas adalah dengan menerapkan system berbasis e-learning bagi mahasiswa dan dosen serta metode pengembangan staffsite bagi karyawan dan civitas akademika yang nantinya akan memiliki kongruensi positif terhadap kegiatan belajar mengajar.

Sistem berbasis e-learning dalam hal ini adalah sistem dimana semua kegiatan belajar mengajar berbasiskan multimedia teknologi. Hal ini ditujukan untuk menyeimbangkan perkembangan jaman dengan segala tuntutan sebagai bagian dari kedinamisan tersebut. Dengan adanya metode e-learning, keterbatasan waktu dan jarak akan dengan cepat teratasi, terutama apabila staff pengajar memiliki kesibukan padat yang memaksa adanya pembagian focus, antara mengajar dan kegiatan lain. Hal ini bisa dimulai dengan pengadaan perpustakaan digital untuk mengakses semua jurnal (yang telah dimiliki dan yang terupdate), semua materi kuliah serta mampu menjadi forum diskusi semua civitas akademika yang memiliki kepentingan didalamnya. Dosen juga dapat memberikan tugas secara langsung dan menyeluruh kepada mahasiswa melalui metode ini. Metode ini juga memungkinkan pengorganisasi data dan semua materi yang mendukung kegiatan belajar mengajar secara maksimal dan terarah. Penyediaan sarana berupa area Wi-Fi di areal kampus secara tidak terbatas, juga merupakan bagian dari metode e-learning. Hal ini akan memudahkan mahasiswa untuk mengakses segala informasi di wilayah kampus.

Dgitalisasi ini tidak hanya berlaku pada staff pengajar, tetapi juga pada staff akademik yang berhubungan langsung dengan kelancaran proses belajar-mengajar. Dengan adanya staffsite, yang juga berbasis teknologi. Staff yang berhubungan langsung dengan mahasiswa dan dosen diberikan fasilitas dan forum dalam website sendiri yang mampu mereka akses untuk mempermudah pengurusan hal-hal yang berhubungan dengan proses akademik, yang tidak jarang menjadi factor penghambat keefektifan proses belajar mengajar.

Demikian surat ini saya sampaikan kepada Bapak, semoga menjadi pertimbangan pengembangan kampus kita tercinta dan atas perhatian tersebut, saya ucapkan terima kasih. Dan maju terus pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: